Kecuali hewan, tumbuhan atau tumbuhan ada yang terancam binasa alias pelik baik dalam Indonesia ataupun di Jagat. Indonesia biasa sebagai tempat yang ada kekayaan alam yang padat, bahkan Nusantara disebut sejajar negara beserta keragaman banyak spesies tumbuhan nomor 2 di wilayah. Beberapa tumbuhan yang sedikit di jagat, sebagian diantaranya merupakan tumbuhan yang kehidupan di indonesia.



Apa sekadar tumbuhan pelik yang berkembang di Indonesia, disini Ndombes blog akan memberikan infromasi kepada engkau mengenai tumbuhan langka yang Indonesia mau pun di dunia dari tumbuhan langka di indonesia



1. Alas sulam

Merupakan tanaman yang dapat berkembang hingga mencapai 45 meter. Pohon yang ada mempunyai sengkang sekitar 45cm. Tumbuh pada daerah hutan berpaya gambut. Penyebarannya di jazirah Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan Timur. Di Kalimantan Species Tanaman Luar biasa ini semakin dikenal secara nama Beitis, Margetahan, Nyato, Nyatoh, Nyatoh Jangkar.

2. Bayur

Sengkang batang meraih 54 centimeter dengan tinggi pohon cukup 59 m. Tumbuh di ketinggian 600 m yang atas segi laut tatkala daerah pegunungan, kadang ditemukan juga dalam daerah berbatu gamping. Lazimnya dipakai untuk konstruksi pondok rumah maupun furniture. Tersebar di Kalimantan Timur, Sabur, Serawak & India.

3. Bulian

Sengkang batang memetik 95 centimeter dengan tinggi pohon hingga 36 m. Tumbuh dalam ketinggian 600 m tatkala atas rataan laut. Biasanya tumbuh tatkala daerah lereng perbukitan dengan tanah berpasir. Biasanya dipergunakan untuk desain berat sebab sifatnya yang kuat dan tahan lama. Tersebar di Kalimantan, Maluku, Sumatera dan Malaysia.

4. Tengkawang

adalah pamor buah dan pohon dari genus Shorea yang buahnya menghasilkan minyak nabati. Tanaman Tengkawang cuma terdapat di pulau Kalimantan dan sebagian kecil Sumatera. Dalam bahasa Inggris, Macam Tanaman Sedikit langka tersebut dikenal serupa Illepe Nut atauBorneo Tallow Nut. Tumbuhan yang terdiri atas belasan spesies (13 diantaranya dilindungi dari kepunahan) ini menjadi maskot (flora identitas) teritori Kalimantan Barat.

5. Anggrek tebu

yakni anggrek terbesar, paling besar serta paling berat diantara jenis2 anggrek yang lain. Dalam tunggal rumpun gede, anggrek tebu dapat merebut berat kian dari 1 ton & mempunyai panjang malai hingga 3 meter dengan sengkang malai sekitar 1, 5-2 cm. Itulah sebabnya Jenis Tanaman Pelik ini ranggi menyandang gatra sebutan sebagai anggrek terbesar dan terberat ataupun anggrek raksasa.

6. Kapur Barus

ialah jenis tumbuhan dalam sanak Dipterocarpaceae. Species ini didefinisikan sebagai salah satu sumber utama dari kapur barus dan mempesona pedagang Arab awal ke Kalimantan, saat saat ini senilai lebih mulai emas, dan digunakan bagi dupa serta parfum.

Tumbuhan langka ini ditemukan yang Sumatra, Jazirah Malaysia dan Kalimantan.

Tanaman ini adalah pohon raksasa, tinggi terlintas 65 m atau terutama 75 m, ditemukan dalam hutan jalinan pada tanah yang pada humat berpasir kuning. Tumbuhan ini ialah kayu mersik berat yang dijual dalam bawah identitas dagang dr “Kapur”