Doa ialah bentuk penghambaan kita mendapatkan Allah Swt. Itulah masukan bahwa guna makhluk, aku begitu lembek tanpa pertolongan-Nya. Lewat doalah, seseorang berjanji dan memeras sesuatu mendapatkan Yang Sanggup atas universal alam tersebut. Karena itu, orang yang bukan pernah bertafakur dan memeras kepada Almalik termasuk di dalam kategori orang yang ria.

Setiap sosok yang berdoa pasti ingin agar seruan yang dipanjatkannya dikabulkan sambil Allah Swt. Lalu, sungguh agar rayuan dikabulkan? Tentunya ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Sesudah itu adab-adab pada berdoa yang Salman Tumpuan sadur dr laman hijapedia. com disematkan beberapa sumber lainnya.

1. Memperhatikan zaman mustajab di dalam berdoa

Ternyata, dalam berdoa, terdapat waktu-waktu yang diutamakan. Pada waktu itu, Allah dengan mengabulkan seruan hambanya Sebagaimana saat kamar ayat kursi Ramadhan, antara azan dan ikamah, sepertiga malam belakang, di tatkala hujan, serta menjelang waktu berbuka bagi orang yang berpuasa.

2. Menghadap niat dan mengambil tangan

Tak hanya salat yang diharuskan menghadap niat, berdoa pun dianjurkan oleh Rasulullah saw. untuk dilakukan dengan menghadap kiblat. Kecuali itu, dianjurkan pula untuk mengangkat tangan ketika bertafakur.



Dari Berjabir r. a., bahwa Rasul saw. pada berada pada padang Di arafah, beliau menghadap kiblat, & beliau langsung berdoa cukup matahari terjeblos. (H. R. Muslim)

3. Berdoa menggunakan suara lirih, khusyu’, & rendah ada.

Doa pun hendaknya dikerjakan secara supel kepada Allah Swt. Di dalam firmannya, Allah Swt mendidik kapada member secara sinambung.

4. Curiga baik di Allah, tetap bahwa ciri akan dikabulkan Allah

Berperasangka baiklah terhadap Allah pada berdoa. Taktik ini diantaranya yang disampaikan Rasulullah saw.



5. Gak tergesa-gesa pada pengharapan terkabulnya doa

Tatkala berdoa, tak selalu undangan tersebut sidi secara langsung oleh Tuhan Swt., oleh sebab itu sebaiknya aku tak tergesa untuk habis berharap saat Allah.

6. Mulailah ciri dengan memuji Allah & mengakhirinya beserta selawat menurut nabi Muhammad

Terkait bagaimana cara bertafakur, Rasulullah juga mengajarkan sebaiknya kita mengutamakan Allah & berselawat padanya.